Minggu, 23 Januari 2022

Simulasi Penanganan Kebakaran dan Evakuasi

Jumat, 26 Nopember 2021, Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun klas II menggelar acara simulasi penanganan kebakaran dan evakuasi. Acara diawali dengan Apel bersama dengan dihadiri oleh Tim Pemadam Kebakaran dari unit Damkar Kab. Madiun serta seluruh pegawai.

Apel bersama dipimpin oleh Ketua Pengadilan Bpk. Warsito, SH dengan didampingi oleh Wakil Ketua Ibu. Nataline Setyowati, SH. MH serta kepala rombongan unit Damkar Kab. Madiun. Dalam sambutan Ketua Pengadilan menngucapkan terima kasih atas kehadiran dari tim unit Damkar Kab. Madiun. Dalam simulasi hari ini dikhususkan untuk penanganan bencana kebakaran dan evakuasi, dimana butuh peran dan perlakuan khusus agar api tidak menyebar ke bagian gedung yang lain, serta tidak menimbulkan dampak membesarnya kebakaran yang terjadi. Bencana dapat datang kapan saja dan dimana saja, namun sebagai penanggulangan bencana, sedini mungkin sudah harus disiapkan guna kesigapan dari para petugas yang ada di pengadilan sebelum datangnya bantuan dari tim damkar Kab. Madiun.

You might also like

Dalam simulasi penanggulangan kebakaran ini dilakukan pembelajaran step by step, apa saja yang perlu dilakukan ketika kebakaran itu terjadi. Yang perlu diketahui dalam pemaparan yang disampaikan oleh tim Damkar, bahwa aliran listrik yang pertama kali harus dipadamkan secepatnya. Selanjutnya melakukan tindakan pemadaman dengan Apar dan kain basah apabila skala api masih dalam tingkat kecil atau dapat dijangkau dengan alat tersebut.

Selanjutnya dari petugas pemadam di Pengadilan membunyikan sirine gawat darurat sebagai tindakan cepat evakuasi untuk menekan timbulnya korban. Evakuasi dilakukan cepat dengan jalur yang sudah ditentukan dan diarahkan menuju titik kumpul di area yang luas dan terbuka yang sudah ditentukan.

Petugas pemadam Pengadilan dapat menghubungi call center Damkar Kab. Madiun apabila dirasa api cukup sulit untuk dipadamkan dan sebentar lagi area kebakaran dapat meluas ke area gedung yang lain. Dalam tindakan tersebut harus dilakukan secara cepat dan terukur serta tetap memperhatikan keselamatan dari petugas serta para pegawai.

Skip to content